Bola Sodok

Billiard atau biliar atau juga dikenal dengan nama bola sodok adalah sebuah cabang olahraga konsentrasi yang menggunakan tiga alat pokok, yakni tongkat sebagai penyodok, meja sebagai arena serta bola sebagai objek yang dimainkan. Setiap pemain biliar wajib memiliki tiga poin kunci, yakni pemahaman dan ketahanan mental serta stamina fisik yang mumpuni. Tiga factor tersebut menjadi kunci bagi setiap pebiliar untuk memenangkan sebuah pertandingan. Biliar sendiri terbagi atas beberapa jenis, yakni English Biliar, Carom dan Pool.

Di Indonesia sendiri, jenis bola sodok yang paling popular adalah Pool. Jeni ini masih terbagi lagi dalam tiga versi yang diklasifikasikan berdasarkan jumlah bola yang dimainkan, yaitu 8, 9 dan 15 bola. Dulu, olahraga biliar dianggap sebelah mata oleh beberapa kalangan lantaran identic dengan dunia malam serta judi. Maka dari itu, olahraga ini banyak dimainkan oleh para pria. Kini, lambat laun, biliar digemari pula oleh kaum hawa. Indonesia telah banyak menelurkan beberapa nama atlet biliar wanita yang berprestasi di tingkat internasional. Hingga saat ini, olahraga biliar telah banyak menyumbang banyak sekali gelar bergengsi bagi Indonesia. Beberapa atlet yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional antara lain M. Zulkifli, Roy Apancho, Apsi Chaniago dan Ricky Yang.

Bola sodok kini bukan cuma dimainkan di atas meja namun juga lewat computer. Malahan, biliar merupakan salah satu game paling popular di computer selama beberapa decade. Lewat bantuan computer, penggemar olahraga biliar dapat mendownload software permainan ini. Mereka dapat memainkannya sendiri atau melawan orang lain yang juga sedang memainkannya. Dengan pesatnya perkembangan biliar di tanah air, kita berharap akan lebih banyak bibit – bibit muda potensial yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Post a comment

*